28 Januari 2013

Cara Menulis Artikel SEO

Cara menulis artikel SEO memang sangatlah penting untuk menjadi nomor satu di urutan pencarian pada mesin pencari. Tapi, tahukan Anda cara menulis artikel SEO dalam blog agar bisa menjadi yang nomor satu di pencarian mesin cari? Kali ini saya akan berbagi teknik penulisan artikel white hat SEO di blog.

SEO

Untuk mencapai teknik white hat SEO yang maksimal usahakan gunakan penulisan artikel Anda secara ilmiah dan baku namun dengan topik atau judul yang dapat menarik pengunjung. Tapi ingat! Jangan menipu pengunjung dengan konten palsu yang tidak diharapkan oleh pengunjung. Jadi buatlah artikel dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Langsung saja saya ulas tahap demi tahap untuk membuat artikel SEO yang berkualitas:

  1. Ingat poin pertama untuk mencapai teknik white hat SEO yang maksimal, yaitu "gunakan bahasa yang baku dan penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar". Ini adalah suatu hal yang sangat penting dalam penulisan artikel white hat SEO.
  2. Pada tahap kedua ini menuntut Anda untuk tidak berlebihan dalam optimasi artikel atau memberi cetak bold, italic, underline pada setiap kata kunci. Cara tersebut adalah cara lama yang umum dilakukan oleh para blogger, padahal hal tersebut tidak terlalu penting dan tidak menjamin postingan Anda berada di urutan paling atas mesin pencari.
  3. Jangan sembarangan memberi link masuk maupun link keluar pada setiap kata kunci atau kata tertentu. Lebih baik untuk tidak memberi link masuk sebagai kata kunci, karena dapat dianggap spam oleh update algoritma google. Minimalisir adanya link keluar-masuk dalam sebuah artikel, jika Anda terpaksa harus menggunakan link keluar, usahakan menggunakan rel "nofollow" dengan bijak.
  4. Tulislah artikel dengan pemikiran Anda sendiri tanpa menyalin artikel orang lain. Anda juga bisa mengembangkan artikel orang lain dengan bahasa Anda sendiri. Hal ini akan lebih disukai oleh mesin pencari dalam menelusuri artikel Anda dan mesin pencari bisa lebih bijak menempatkan posisi artikel Anda dalam urutan pencarian.
  5. Sisipkan gambar pada setiap artikel yang Anda buat. Usahakan gambar berukuran normal dan tidak terlalu besar. Tanpa Anda sadari, ini adalah faktor yang penting untuk menarik pengunjung Anda. Jangan lupa gunakan tag "image alt" dan "title" pada setiap gambar yang Anda sisipkan. Tulislah tag "image alt" dan "title" sesuai dengan gambar.
  6. Manfaatkanlah fasilitas permalink dan deskripsi yang telah disediakan oleh blogger atau platfom apapun yang Anda gunakan. Sisipkan kata kunci dalam permalink dan deskripsi tersebut.
  7. Tulislah judul yang menarik dan sesuai dengan tema. Tapi ingat! Jangan tulis judul lebih dari 10 kata agar judul tidak terpotong di penelusuran mesin pencari. Semakin pendek judul, semakin padat kata kunci yang berada di dalamnya.
  8. Gunakanlah tag/label yang relevan dengan artikel Anda, ini akan memudahkan mesin pencari dalam mengkategorikan konten Anda dan juga memudahkan pengunjung sebagai navigasi.

Terapkanlah poin-poin di atas agar artikel Anda menjadi SEO dan berada diurutan pertama pada pencarian di mesin pencari. Jika Anda tidak mendapatkan posisi paling atas di dalam sebuah mesin pencari, setidaknya artikel Anda tidak akan berada jauh di SERP dan tidak akan dianggap spam oleh mesin pencari.

Sekian tutorial cara menulis artikel SEO ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda para blogger yang ingin belajar white hat SEO. SEO yang mudah, bersih dan jujur!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar